Selamat Datang di blog sederhana ini !!!

Jumat, 13 Juli 2012

SIKLUS REFRIGERASI PADA PENDINGIN

Refrijeran yang diproses didalam sistem pendingin mengalami beberapa perubahan dalam kondisi bentuk maupun kondisi secara berurutan.
Proses refrijeran pada bagian-bagian yang berurutan disebut siklus refrigerasi. Proses-proses tersebut adalah
1.ekspansi (expansion)
2.penguapan (evaporation)
3.kompresi (compression)
4.kondensasi (condensation)

1.Proses ekpansi
Dimulai dari receive , refrijeran cair bertemperatur dan bertekanan tinggi  mengalir melalui saluran cairan ke katup ekpansi (flow control). Tekanan refrijeran setelah melalui flow control akan turun mengikuti tekanan evaporator, sehingga temperatur  jenuh dari refrijeran akan berada dibawah temperatur medium disekeliling evaporator dalam keadaan seperti ini , sebagian dari cairan refrijeran mulai menguap.


2.proses penguapan
Melalui dinding evaporator, panas disekitarnya diserap untuk memberikan panas laten penguapan bagi refrijeran. Penguapan ini terjadi pada tekanan dan temperatur konstan di  dalam evaporator. Pada akhirnya seluruh refrijeran menguap didalam evaporator dan terjadi pemanasan lanjut (super heat) pada bagian akhir dari evaporator. Walaupun temperatur uap refrijeran (super heat) naik, tetapi tekanan tidak berubah. Sebenarnya ada perubahan sedikit namun perubahan-perubahan ini diabaikan dalam siklus refrigerasi.

3.proses kompresi
Uap refrijeran dari evaporator dihisap melalui saluran suction oleh kompresor. Di dalam kompresor, temperatur dan tekanan uap refrijeran ini dinaikkan (dikompresi) serta dialirkan melalui saluran discharge.

4.proses kondensasi
Uap refrijeran bertemperatur dan bertekanan tinggi, melalui saluran discharge dialirkan didalam kondensor. Disini, uap refrijeran membuang panasnya ke udara diluar kondensor, dimana udara tersebut ditiupkan oleh fan /blower atau mengalir ke udara disekitarnya secara alami.
Ketika panas refrijeran dibuang, temperaturnya berkurang hingga temperatur uap menjadi jenuh. Akhirnya refrijeran mengembun dan keluar dari kondensor sudah berbentuk cairan kembali. Pada bagian akhir dari kondensor hingga flow control, terjadi pendinginan lanjut (subcooled) pada cairan refrijeran tersebut.
Dari kondensor, refrijeran cair kembali dialirkan melalui flow control dan diuapkan didalam evaporator. Selanjutnya siklus refrigasi diulang kembali ke nomor 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon dikomen ya. bisa juga tukar link disini. terima kasih.