Selamat Datang di blog sederhana ini !!!

Senin, 18 Juni 2012

MOTOR INDUKSI


Motor induksi atau motor asinkron merupakan salah satu jenis mesin listrik arus bolak balik yang tersedia untuk 1 fasa maupun 3 fasa. Motor induksi mempunyai 3 bagian penting dalam konstruksinya. Yaitu kerangka, gulungan stator dan gulungan rotor. Kerangka motor berfungsi sebagai proteksi mekanis dan penopang bagi stator, gulungan, dan sebagai ventilasi. Dalam proteksi lebih lanjut gulungan pada motor dihindarkan dari debu, kelembapan, asam,dan alkalin dalam konsentrasi tinggi yang disebut enkapsulasi. Pada bagian stator dapat dihubungkan ke bentuk delta atau bintang. Pada motor induksi terdapat keunikan pada rotornya. Ada 2 tipe bentuk rotor dari motor induksi yaitu rotor sangkar tupai dan rotor gelung.

Rotor sangkar tupai (squirrel cage)
Pada jenis ini, bentuknya memang seperti sebuah sangkar.Biasanya terbuat dari batangan tembaga atau besi berlaminasi berbentuk silinder yang ujung-ujungnya disambung dengan piringan atau biasa disebut hubung singkat.





 
gambar rotor sangkar

Rotor Gelung (wound rotor)


 gambar rangkaian motor gelung


Rotor jenis ini menempatkan kumparan/gulungan-gulungan dicelah-celah rotor. Sehingga diperlukan cincin slip untuk menghubungkan kumparan tersebut. Dan pada cincin slip akan tersambung pada tahanan variabel. Tahanan variabel berguna untuk memperbaiki torsi start awal dan menurunkan arus start. Ketika motor sudah dalam keadaan jalan, maka tahanan variabel dan kumparan hubung singkat harus dilepas dan berakibat pada naiknya efisiensi dan kecepatan meningkat. Bila ingin me-start motor maka tahanan dipasang kembali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon dikomen ya. bisa juga tukar link disini. terima kasih.