Selamat Datang di blog sederhana ini !!!

Kamis, 15 Maret 2012

TIPS MENGHEMAT PENGGUNAAN BBM

dinaikkannya harga BBM membuat pengendara kendaraan pribadi resah. disamping transportasi masal yang kurang memadai kebijakan pemerintah ini membuat kita sedikit mencari cara agar penggunaan BBM lebih hemat. beberapa tips dibawah ini mungkin dapat memberikan solusi walau tidak banyak dan dapat membantu masalah BBM yang dihadapi sekarang. terutama para pengendara motor.
tips-tips:
1. lakukan pengisian bahan bakar ketika pagi.
2. gunakan tuas gas seperlunya dengan kecepatan konstan dan sedang. karena pada saat kecepatan konstan, pembakaran akan terjadi optimal.
3. jangan sering berakselerasi / ngebut seketika. lebih baik bertahap, disamping menghemat BBM, juga memperpanjang umur mesin.
4. perhatikan momen dijalan. perkirakan jarak ketika berhenti sehingga tidak terlalu menggunakan rem. pada saat mengerem berarti kita telah membuang energi dengan sia-sia. lebih baik biarkan kendaraan anda berjalan tanpa menarik tuas gas hingga berhenti.
5. cek tekanan ban anda. ketika ban kekurangan angin, maka akan berpengaruh terhadap kecepatan motor.
6. berangkat pagi lebih awal untuk menghindari macet. macet menyebabkan kendaraan sering berhenti. hal ini membuat boros BBM.
7. lumasi rantai motor dengan pelumas agar tarikan motor tidak berat saat sering hujan seperti saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon dikomen ya. bisa juga tukar link disini. terima kasih.